Friday, May 15, 2009

Redaksi

SUSUNAN REDAKSI SITUS RESMI

PMII TANJUNG JABUNG BARAT

Penanggung jawab:

Ketua Foksika Tanjab Barat,

Ketua Umum PMII Tanjab Barat

Pemimpin Umum:

AMBO AKEK

Pemimpin Redaksi:

AMBO AKEK

Sidang Redaksi:

AMBO AKEK,

KHARULLAH DZIKRI,

MOH. JA’FAR EDI WIJAYA

Redaktur Pelaksana:

AMBO AKEK

Redaktur:

KHARULLAH DZIKRI,

MOH. JA’FAR EDI WIJAYA

Reporter:

Muhammad Ikhsan,

Muhammad Thalib,

Mafika Yanti,

Arlisa,

Asih Pratiwi,

Ayu

Pemimpin Usaha:

SUHERI ABDULLAH

Wakil Pemimpin Usaha:

AMBO AKEK

Sekretaris Usaha:

BAMBANG

Marketing & Promosi:

Mohammad Ja’far Edi Wijaya,

Khairullah Dzikri

Teknisi:

Rie

TABRANI BUKHARI SYAMSUL

Alamat Redaksi:

Jl. Imam Bonjol No.45 Kualatungkal

Telp. 081274008161.

email: pmiikualatungkal@yahoo.com.




Selengkapnya...

SEJARAH PMII

Sekilas tentang PMII

Sejarah masa lalu adalah cermin masa kini dan masa datang. Dokumen historis, dengan demikian merupakan instrumen penting untuk mengaca diri. Tidak terkecuali PMII. Meski dokumen yang disajikan dalam tulisan ini terbilang kurang komplit, sosok organisasi mahasiswa tersebut sudah tergambar jelas berikut pemikiran dan sikap-sikapnya.

PMII, yang sering kali disebut Indonesian Moslem Student Movement atau Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia adalah anak cucu NU (Nahdlatul Ulama) yang terlahir dari kandungan Departemen Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), yang juga anak dari NU. Status anak cucu inipun diabadikan dalam dokumen kenal lahir yang dibikin di Surabaya tepatnya di Taman Pendidikan Putri Khodjijah pada tanggal 17 April 1960 bertepatan dengan tanggal 21 Syawal 1379 H.Meski begitu bukan berarti lahirnya PMII berjalan mulus, banyak sekali hambatan dan rintangan yang dihadapinya. Hasrat mendirikan mahasiswa NU memang sudah lama bergejolak, namun pihak PBNU belum memberikan green light, belum menganggap perlu adanya organisasi tersendiri buat mewadahi anak-anak NU yang belajar di Perguruan Tinggi.

Namun kemauan anak-anak muda itu tak pernah kendor, bahkan terus berkobar dari kampus ke kampus. Bisa dimengerti karena kondisi sosial politik pada dasawarsa 50-an memang sangat memungkikkan untuk melahirkan organisasi baru. Banyak organisasi mahasiswa bermunculan di bawah naungan payung induknya, misalnya saja SEMMI (dengan PSII), KMI (dengan PERTI), HMI (lebih dekat ke MASYUMI), IMM (dengan Muhammadiyah), dan HIMMAH (dengan Al-Washliyah). Wajar jika anak-anak NU kemudian ingin mendirikan wadah sendiri dan bernaung di bawah panji dunia. Dan benar, keinginan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk Ikatan Mahasiswa NU (IMANU) pada akhir 1955, yang diprakarsai oleh beberapa pimpinan pusat dari IPNU.

Namun IMANU tak berumur panjang karena PBNU menolak keberadaannya. Bisa dipahami kenapa PBNU bertindak keras, sebab waktu itu IPNU baru saja lahir yaitu pada tanggal 24 Februari 1954. Apa jadinya jika baru lahir saja belum terurus sudah keburu menangani yang lain, logis sekali. Jadi keberatan PBNU bukan terletak pada prinsip berdiri atau tidaknya IMANU tapi lebih merupakan pertimbangan waktu, pembagian tugas, dan efektivitas organisasi. Dan baru setelah wadah "Departemen" itu dinilai tidak lagi efektif, tidak cukup kuat untuk menampung aspirasi mahasiswa NU, konferensi besar IPNU I (14-16 Maret 1960 di Kaliurang), sepakat mendirikan organisasi tersendiri. Lalu berkumpullah tokoh-tokoh mahasiswa NU yang tergabung dalam IPNU, dalam sebuah musyawarah tiga hari di Taman Pendidikan Khodijah, Surabaya. Dengan semangat membara, mereka menbahas nama dan bentuk organisasi yang telah lama mereka impikan dan idamkan.

Bertepatan dengan itu, ketua umum PBNU, K.H. Idham Kholid, memberikan lampu hijau. Bahkan semangat pula membakar semangat agar mahasiswa NU menjadi kader partai, menjadi mahasiswa yang berprinsip. Ilmu untuk diamalkan dan bukan ilmu untuk ilmu ……. Maka lahirlah organisasi mahasiswa di bawah naungan pyung NU, pada 17 April 1960, lewat kandungan Departemen Perguruan Tinggi IPNU. Dan bayi yang baru lahir itu diberi nama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dengan demikian, ide dasar pendirian PMII adalah murni dari anak-anak muda NU sendiri. Bahwa kemudian harus bernaung di bawah panji NU, itu bukan berarti sekedar pertimbangan praktis semata, misalnya karena kondisi politik saat itu yang nyaris menciptakan iklim dependensi sebagai suatu kemutlakan. Tapi lebih dari itu, keterikatan PMII pada NU memang sudah terbentuk dan memang sengaja dibangun atas dasar kesamaan nilai, kultur, akidah, cita-cita, bahkan pola berpikir, bertindak, dan berprilaku


Selengkapnya...

Wednesday, May 13, 2009

Mapaba Perdana PMII Tanjab Barat Dihadiri PB PMII

KUALATUNGKAL- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tanjung Jabung Barat menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) perdana Jumat (27/03). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 27 Maret 2009 itu di laksanakan di SMU Peguruan Hidayatul Islamiyah Kualatungkal, yang di ikuti oleh 60 peserta yang berasal dari kampus-kampus terkemuka di Kota Kualatungkal, diantarnya STAI An-Nadwah, STAI Al-Ma’arif dan UT Kualatungkal.

Acara Mapaba perdana ini dirangkum dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan tema “Malalui Mapaba Perdana ciptakan kader-kader yang militant”.

Dikatakan Sekretaris Umum PMII Cabang Tanjab Barat Ambo Akek,SIP, dengan adanya Mapaba ini, dapat dijadikan sebagai ajang memperkenalkan kepada kader baru tentang ke organisasian PMII, dan peserta Mapaba dapat menjadi anggota yang mutaqim.

Kegiatan itu dihadiri oleh Pengurus Besar PMII yang diwakili oleh Sekretaris PB PMII Juanda, SPdi,Ketua Umum PMII Cabang Jambi Najib dan Para pengurus PMII cabang Jambi, Mantan Ketua Umum PMII Jambi Abdul Aziz Mustaqim, SE, serta para Alumni PMII di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Mapaba adalah kaderisasi tahapan awal yang ada dalam PMII,” lanjutnya sembari mengatakan, sebelum diadakan tahapan Pelatihan Kader Dasar (PKD), dilakukan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) dengan mengikuti Mapaba.

Hal juga sama dikatakan Alumni PMII H Harno Abdullah,SAg, sebagai alumni PMII, ia berharap kepada para kader serius dalam mengikuti tahapan-tahapan kederisasi di PMII. Karena, keseriusan para kader dapat menentukan kualitas kedepan, untuk menjadi generasi penerus, berjuang dengan semangat idealisme. Dengan begitu, PMII akan terus dirasakan manfaat dan eksistensinya di mata masyarakat.“Mapaba dan proses kaderisasi PMII, hal tersebut merupakan sebuah formulasi konsep kaderisasi, dengan harapan membuka kerangka dan pola pikir mahasiswa agar tidak sempit dibatasi oleh pengetahuan yang diberikan dosen di Kampus,” paparnya.

Selanjutnya, mahasiswa yang berubah paradigma pragmatis, menjadi mahasiswa yang didalam jiwa geraknya mengalir nafas idiealisme. Selain itu, kader PMII jangan berfikir kesenangan sesaat, yakinlah bahwa kedepan 10 tahun dan 15 tahun yang akan datang baru akan merasakan nikmatnya di kader PMII.

Sementara itu, ketua Pengurus Besar PMII, Juanda mengaku sangat menyambut baik atas digelarnya Mapaba di cabang persiapan Tanjung Jabung Barat ini, ia berharap kedepannya dengan adanya mapaba perdana ini PMII akan tetap menjadi wadah para mahasiswa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini. “ Kita berharap proses kederisasi ini akan tetap berlanjut ke PKD dan PKL, selain itu tentunya yang terpenting PMII di Tanjab Barat harus terus berkembang menjawab tantangan zaman”ungkapnya. (Tim PMII/rie)



Selengkapnya...

Waktu Hari Ini

INTRUKSI

Kepada seluruh pengurus dan kader PMII Tanjungjabung Barat untuk aktif menjadi kontributor Situs PMII Tanjab Barat. Silahkan mengirimkan Opini, Artikel dan tulisan lainnya dikirimkan melalui email redaksi PMII Tanjab Barat. pmiikualatungkal@yahoo.com atau hubungi Ambo Akek pada no. Hp 081274008161.atau hubungi M. Ja'far Edi Wijaya (STAI)085266473204 peran dan aktif sahabat akan meningkatkan peran PMII Tanjab Barat kedepan.

Pendafaran Mapaba

Photobucket

BERITA TERKINI

BUKU TERBARU

Sulitnya Mencari Mahbub Djunaidi

Minggu, 28 Desember 2008

article thumbnailTak bisa mungkir, awal ketertarikan saya kepada Mahbub Djunaidi dipicu oleh kesamaan organisasi yang kami geluti; PMII. Butuh waktu lama bagi saya untuk sedikit demi...
Selanjutnya...

BUKU TAMU


PMII TANJAB BARAT

Blog Archive

LINK SAHABAT

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 

Followers

Komentar

Bagaimana Webside PMII Tanjab Barat ini?

Template by NdyTeeN